Dari Bedah Film “OMAR” MNCTV, UMM Dome

Mahasiswa UMM Diskusi Film Omar

Sabtu, 11 Agustus 2012 21:37 WIB/Editor: Rudy Hartono | Reporter : Siti Yuliana

Ratusan mahasiswa UMM bersiap menonton film serial Omar di Dome theater UMM, Sabtu (11/8/2012)

SURYA Online, MALANG – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berkesempatan mendiskusikan film Omar karya sutradara Hatem Ali dari Dubai, Sabtu (11/08/2012).

Film seri Omar ini menceritakan kehidupan khalifah kedua, Umar Bin Khattab ketika memeluk Islam dan berjuang menyebarkan Islam. Film yang terdiri dari 31 episode itu, mengupas tuntas cara kepemimpinan Umar yang berdedikasi, bersikap adil, dan selalu menempatkan kepentingan rakyat sebagai yang utama.

Dosen Ilmu Komunikasi UMM, Sugeng Winarno memuji cara berdakwah dalam cerita ini. Menurutnya, cerita Umar bin Khattab sangat efektif untuk mengembangkan dan menguatkan ajaran Islam.

“Keteladanan, kejujuran, kebijaksaan Umar perlu dicontoh generasi muda. Masyarakat rindu sosok pemimpin yang berjiwa seperti Umar Bin Khattab,” kata Sugeng saat menjadi pembicara dalam diskusi yang berlangsung di Dome UMM ini.

Dalam kaca mata ilmu komunikasi, peran Umar sangat bagus. Dia bersikap tegas dan tidak terlalu banyak bicara. Namun, banyak memberi tauladan kepada orang di dekatnya.

Pengamat dan Praktisi Film, Arfan Adhi Perdana menambahkan, film produksi MNC TV ini bisa dijadikan rujukan untuk memperkuat keIslaman seseorang.

“Film Omar ini dibuat sangat teliti dan tepat sasaran. Tujuan pembuatan film ini sangat benar. Dari film, dakwah Islam juga bisa disampaikan dengan cara yang tepat,” jelasnya

Sementara itu, Syaikh Fikri Thoriq Alkatiri, yang juga menjadi pembicara film ini mengatakan. “Saya rekomendasikan semua kalangan untuk menonton film ini. Sangat bagus dan banyak mengajarkan sejarah Islam,” terangnya.

Film Omar juga menginspirasi, Siti Nurazizah, salah satu mahasiswa UMM jurusan Matematika yang kemarin hadir dalam acara bedah film ini. Ia mengusulkan agar film Omar diperbanyak dalam bentuk DVD agar lebih memasyarakat, pasalnya film ini hanya tayang selama bulan Ramadan di MNC TV setiap hari pukul 04.00 WIB.

“Ya memang ada beberapa bagian film yang belum saya mengerti. Tapi kita bisa merasakan bagaimana perjuangan Khalifah dalam menegakkan dan mengajarkan agama Islam waktu itu,” tandasnya.

Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m/

Random Posts

Loading…

About sugengwin

S1 Ilmu Komunikasi FISIP UMM S2 Media and Information, Curtin University of Technology, Australia
This entry was posted in Film & Television. Bookmark the permalink.

4 Responses to Dari Bedah Film “OMAR” MNCTV, UMM Dome

  1. Nurudin says:

    aye…asek asek beritanya.

  2. pujiyono says:

    Assalamu’alaikum wr. wb. Film Umar bin Khattab sangat bagus sekali, ada baiknya itu di posting seperti MBC agar bisa dinikmati setiap umat islam dan menjadi referensi dalam menjalani hidup. saya setelah munculnya film Umar selalu mencari yang ada terjemahan bahasa Indonesianya, tapi kenapa kok kagak ada… tolong apabila ada di emailkan ke saya, karena dengan adanya film Umar akan mudah untuk saya dalam memberi gambaran kepeda anak – anak didik saya. terima kasih. Wassalam

    • sugengwin says:

      Wassalam.

      Matur suwun pak Pujiono.
      Film Omar sekarang telah diproduksi dalam bentuk DVD.
      Ada banyak versi, termasuk yang sudah di subtittle bahasa Indonesia.
      Atau coba download, beberapa episode ada di Youtube.

      Terima kasih, semoga berkenan.
      Wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha Garb (1.5)