Stand Up Comedy Jadi Saluran Aspirasi

Stand Up Comedy Jadi Saluran Aspirasi

Selain dengan berdemonstrasi, kini mahasiswa memiliki media saluran baru untuk menyampaikan aspirasi, Stand Up Comedy. Komedi monolog yang mengandalkan komunikasi verbal komedian itu kini sedang menarik perhatian, terutama kalangan mahasiswa. Itulah sebabnya, komunitas Stand Up Comedy Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar panggung Absurdtour Kemal Palevi, Jumat (5/10). Acara ini menampilkan comedian atau comic Kompas TV, Kemal Palevi.
“Stand Up Comedy itu komedi yang berbobot, jadi pas dengan selera mahasiswa. Bisa untuk menyalurkan aspirasi tetapi tetap santai,” kata Yanuar Rizki, mahasiswa IT FT UMM yang menjadi ketua pelaksana.
Penampilan Kemal di ruang teater UMM Dome sontak membuat penggemarnya berteriak histeris. Pria asli Samarinda itu begitu memukau membawakan tema komedi tentang kegalauan remaja sekarang. Dengan gayanya yang kritis, dia menyentil gaya anak muda yang semakin tak jelas apa maunya.
Meski demikian, Kemal menyisipkan pesan agar remaja sekarang tidak mudah galau. Kegalauan hanya akan membuat orang pesimis, tidak percaya diri, dan memilih jalan yang salah.
“Ini merupakan bagian dari Tour 9 Kota saya. Di Malang termasuk yang sukses, ramai, seperti di Bandung dan Yogya,” kata Kemal.
Sebelum Kemal, panitia juga menampilkan comic local dari UMM dan seorang dari Samarinda. Hena dan Abdul, yang dari UMM, membawakan komedi perilaku anak muda saat ini. Keduanya berhasil membuat penonton tertawa dan manggut-manggut.
Selain mahasiswa dan masyarakat umum, hadir menonton acara yang berlansgung selama tiga jam itu, dosen UMM. Pembina Stand Up Comedy UMM, Sugeng Winarno, MA, mengungkapkan demam comic sudah melanda UMM. Tinggal bagaimana trend ini diarahkan untuk membangun kegiatan mahasiswa yang kritis, positif dan cerdas.
“Komedi itu perlu pikiran yang fresh tapi juga harus cerdas,” kata Sugeng. (mal/nas)

Sumber:
http://www.umm.ac.id/id/umm-news-3068-stand-up-comedy-jadi-saluran-aspirasi.html

Random Posts

Loading…

About sugengwin

S1 Ilmu Komunikasi FISIP UMM S2 Media and Information, Curtin University of Technology, Australia
This entry was posted in Stand Up Comedy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha Garb (1.5)